Tilem Sasih Kaulu ..... Ngusaba Dalem

21 Februari 2012 adalah bulan mati, atau dalam penanggalan Hindu disebut Tilem. atau lebih tepatnya 21 Februari 2012 disebut Tilem Sasih Kaulu. Seperti tahun-tahun / sasih kaulu sebelumnya di Desa Pakraman Susuan diadakan upacara piodalan di Pura Dalem Desa Pakraman Susuan (Ngusaba Dalem). Piodalan tersebut dilaksanakan selama 1 hari. Krama (warga) Desa telah mengawali / memulai mempersiapkan acara piodalan tersebut dari jauh-jauh hari sebelumnya. persiapan tersebut meliputi pembuatan sarana upakara baik jajan, jejahitan, kemudian metanding (banten). selain itu dilaksanakan juga persiapan dengan membangun tetaring sebagai tempat meletakkan sarana upakara.

Bertepatan dengan Tilem Sasih Kaulu, mulai dari pagi buta krama sudah mempersiapkan sarana upakara berupa caru. dalam hal ini menggunakan caru godel (sapi yang masih kecil). kemudian menginjak pukul 9.00 wita, seluruh krama sudah bersiap dan merapat ke lokasi upacara. Berbagai rangkaian upacara dilaksanakan serangkaian dengan upacara tersebut.

Hal yang paling mendebarkan dari semua prosesi adalah prosesi nyolahang ida sasuhunan. dalam prosesi ini sangat terasa sekali nuansa magisnya. Ketika ida sesuhunan sudah mulai masolah seketika terhadi perubahan nuansa.

Tujuan dari pelaksanaan upacara Ngusaba Dalem ini adalah untuk memohon keselamatan kepada Ida Sang Hyang Widhi (dalam hal ini Ida Bhatara Siwa / Bhatari Durga) bagi seluruh warga Desa Pakraman Susuan dan lebih luas lagi menjaga keseimbangan Alam. agar terhindar dari segala bahaya dan malapetaka. Semoga apa yang menjadi tujuan pelaksanaan upacara Ngusaba Dalem ini dapat terwujud, serta keseimbangan alam dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda disini....