Ni Komang Rerod - Meninggal

Ni Komang Rerod (+- (5 Th) meninggal dunia pada tanggal 22 Februari 2012. Beliau merupakan istri dari I Ketut Rai yang telah lebih dulu berpulang (16 Mei 2008) menyatu dengan Ida Sang Hyang Widhi. Pasangan ini merupakan pasangan yang special. selain merupakan Kakek dan Nenek dari penulis, pasangan ini merupakan pasangan yang tegar di usianya yang telah uzur. I Ketut Rai, Pada usia senjanya tetap beraktifitas seperti biasa, tak pernah mengeluh dan tak pernah menyerah. Walopun bukan peminum tuak yang hebat, tapi beliau tetap nuakin (mengiris pohon aren untuk mendapatkan Tuak.

Proses Nibakang Tirta
Ni Komang Rerod sepeninggal Suami, tetap tegar menjalani hari-harinya, beraktifitas di kebun, mencari kayu bakar dan aktivitas lain yang kiranya tak bisa lagi dilakukan pada usia itu. Ada hal menarik pada Nenek ku ini, Ia akan sakit jika tak dapat keliling kebun mencari kayu bakar / pakan babi. sampai akhirnya penyakit Tua akhirnya mengalahkannya.
Sebulan sebelum meninggal sempat tidak bisa beraktivitas meskipun hanya duduk di bale-bale. hari-harinya hanya dihabiskan ditempat tidur, sampai akhirnya pukul 10 pagi tanggal 22 Februari 2012, Beliau menghembuskan nafas terakhirnya setelah sebelumnya sempat minta "bekal" kepada anak bungsunya (Ni Made Sari) berupa bubur dan air.

Semoga bekal tersebut menjadi bekal abadi, yang akan menemani perjalanannya menyatu dengan sang pencipta. semoga karmanya diterima Ida Sang Hyang Widhi dan mendapatkan tempat terbaik di Surga.
 

Akhirnya hari itu, 22 Februari 2012 pukul 5 sore dilaksanakan upacara "nyiramang layon" selanjutnya di bawa ke setra Desa untuk dilakukan prosesi "Ngeseng", selanjutnya "nganyud" ke segara Ujung. 


Prosesi Pembakaran Jenazah Ni Komang Rerod

OM VAYUR ANILAM AMRTAM, ATHEDAM BHASMANTAM SARIRAM, OM KRATO SMARA KLIBE SMARA KRTAM SMARA


(Ya Hyang Widhi, penguasa hidup, pada saat kematian ini semoga ia mengingat vijaksara suci OM, semoga ia mengingat Engkau Yang Mahakuasa dan kekal abadi, ingat pula kepada karmanya. Semoga ia mengetahui bahwa atma adalah abadi dan badan ini akhirnya akan hancur menjadi abu) 
dari Yayurveda XL 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda disini....