Rangkaian Acara Ngadegang Jero Gede, Melaspas dan Mendem Pedagingan, Piodalan di Pura Paibon Telaga Sari - Susuan

Persiapan pelaksanaan upacara Ngadegang Jero Gede, Melaspas, Mendem Pedagingan dan Piodalan di Pura Paibon Pare Gotra Sentana Dalem Taruk "Telaga Sari" - Desa Pakraman Susuan akan dilaksanakan secara berturut turut mulai tanggal 18, 22, dan 27 Maret 2012. Persiapan telah dimulai dari sebulan yang lalu diawali dengan membuat jajan suci berupa berbagai bentuk jajanan pelengkap banten suci, pulagembal, serta sarana lainnya. Persiapan lainnya yang terus dipersiapkan adalah proses finishing Pura Paibon "Telaga Sari". Sampai saat ini penyelesaian Pura Paibon baru 80%, diusahakan pada saatnya nanti semua sarana dan prasarana telah rampung dilaksanakan, serta siap menyelenggarakan upacara tersebut.


Adapun rangkaian acara yang akan dilaksanakan nanti adalah sebagai berikut :
  1. Tanggal 18 Maret 2012 dilaksanakan upacara Mewinten, Ngadeg Jero Gede terhadap Jro Mangku Ketut Gede Sudiarta, disaksikan oleh seluruh warga Sentana Dalem Taruk desa PAkraman Susuan serta Perwakilan Pengurus Kecamatan Para Gotra Sentana Dalem Taruk se-Kabupaten Karangasem.
  2. Tanggal 22 Maret 2012 bertepatan dengan Tilem Kesanga, dilaksanakan upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan dilaksanakan di Pura Paibon "Telaga Sari" Para Gotra Sentana Dalem Taruk Desa Pakraman Susuan, dilanjutkan pada tanggal 24 Maret 2012 (Ngembak Geni) berupa acara Ngelungsur Tirta ke Segara, Pura Dalem Puri, Kawitan Dalem Tarukan Pulasari dan Kahyangan Tiga.
  3. Pada tanggal 27 Maret 2012, dilaksanakan upacara Piodalan yang merupakan puncak acara.
Oleh karena upacara ini merupakan yang pertama yang kita laksanakan dan bobotnya cukup berat, maka kami minta dukungan dan bantuan rekan2 blogger seluruhnya, semoga acara ini berlangsung dengan lancar, tanpa halangan yang berarti.
Jr. Mangku Kt. Sudiarta


Untuk selanjutnya, penulis akan terus mengabarkan melalui media ini, acara, kegiatan dan rencana kegiatan yang dilaksanakan sehubungan dengan pelaksanaan upacara tersebut.

Jika ada komentar dan saran dari Blogger semuanya, silahkan komentarnya disampaikan secara sopan.

salam, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda disini....