Rangkaian acara Ngaben Keluarga I Gede Rauh S (Kaling)

Kegiatan hari ini di Desa Pakraman Susuan dilaksanakan acara morbor (membakar tulang) jenasah serangkaian dengan kegiatan / acaraPitra Yadnya Keluarga I Gede Rauh S (Kepala Lingkungan Susuan). kegiatan hari ini kira-kira dimulai pk 10.00 wita.
Kegiatan yang dilakukan adalah "ngangkid" atau membongkar kuburan dari 3 orang yang akan diupacarai (Ngaben) yaitu I Gede Puger (Ayahanda I Gede Rauh S), I Nengah (Loso), dan istri dari I Kadek Ari / (Dek Jung). Ketiga orang ini sudah meninggal beberapa tahun lalu, dan beberapa hari kedepan akan dilaksanakan upacara pitra yadnya.

Acara hari ini diwarnai dengan rintik hujan sejak awal prosesi "ngangkid" hingga berakhir acara tersebut. Selesai prosesi "ngangkid" dilanjutkan dengan acara "nyiramang layon" yang dilaksanakan oleh pihak keluarga. Lalu dilanjutkan dengan prosesi "mekingsan di geni" / membakar jenasah. Acara dilanjutkan dengan "nganyud" yang dilaksanakan di Segara Ujung.

Seluruh rangkaian acara hari itu dipuput oleh Jero Gede Sudiartha.

Upacara pitra yadnya akan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 25 Mei 2012 didahuluui dengan upacara nunas sehari sebelum dilaksanakan upacara puncak bertempat di Pura Dalem Desa Pakraman Susuan.


Terhadap proses upacara Pitra Yadnya dengan konsep seperti ini, penulis sangat setuju sekali. Sedikit demi sedikit pemahaman masyarakat khususnya warga Desa Susuan telah terbuka manakala pelaksanaan Upacara Pitra yadnya dilaksanakan secara bersama-sama. Walaupun saat ini lingkupnya masih skala kecil, yaitu hanya lingkup keluarga namun apresiasi yang tinggi patut kita berikan kepada keluarga besar I Gede Rauh yang akan melaksanakan upacara pitra yadnya lebih dari 1 sawa, atau masal walau sawa yang dilibatkan kali ini hanya berjumlah 3 / melibatkan 3 keluarga. Kedepan konsep seperti ini patut didukkung dan dikembangkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat tentang efektifitas dan manfaat yang diperoleh ketika suatu Yadnya dilaksanakan dengan cara bersama-sama.
Semoga pelaksanaan seluruh rangkaian acara Pitra Yadnya keluarga I Gede Rauh S berjalan dengan lancar dan tanpa halangan....

Awignamastu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda disini....